Kamis, 21 April 2011

Kenapa Macet bikin Kesal

Kamis, 24 Februari 2011 - Ah, macet lagi. Suara klakson di mana-mana, asap, suara orang teriak. Uh. Kenapa sih anda kesal? Ya gampang jawabannya. Anda kesal karena harus menunggu antrian kendaraan. Oke, tapi orang itu juga menunggu antrian dan dia sabar. Kenapa anda tidak sabar?

Jawabannya terletak pada jumlah stiker mobil anda. Semakin banyak stiker di mobil anda, semakin besar kemungkinan kalau anda orang yang agresif saat berada di dalam mobil. Tidak peduli apakah stiker itu bunyinya : Doa Ibu Sepanjang Jalan, Selamatkan Panda dari Kepunahan atau Cewek Cakep Boleh Numpang. Selama itu ditempel di mobil anda, anda orang yang agresif dalam berkendara.
Baiklah atau amerika membawa demokrasi ke negara anda
Terjemahan: Jangan Dekat-Dekat.
Secara psikologi, ini namanya tanda teritorial untuk mempertegas zona proksemik. Setiap orang punya zona pribadi. Kadang hanya sedepa, kadang sebesar kamar. Ini mengapa saat orang asing duduk di samping anda di bangku, anda bergeser sedikit menjauh. Orang asing itu mencoba memasuki zona pribadi anda. Biasanya tanda teritorial untuk mempertegas zona proksemik ini adalah meletakkan barang seperti tas atau buku di samping anda duduk, atau dalam kasus kursi kecil dengan meja, anda mempertegas zona proksemik dengan meletakkan barang-barang anda di atas meja. Dengan cara ini, orang lain merasa segan untuk duduk di samping atau di depan anda.
Ketika kita mengendarai mobil, maka kepribadian kita meluas. Seluas mobil tersebut. Akibatnya, zona pribadi kita lebih luas lagi, beberapa inci atau beberapa depa. Ketika mobil lain ada di depan, atau di samping, ia melanggar zona pribadi kita. Tapi berbeda dengan cewek kuntilanak yang bisa bergeser saat ada cewek lain duduk disampingnya sambil smsan, kita tidak bisa bergeser ke samping atau kemanapun, namanya juga macet. Akibatnya kita kesal.
Referensi
  1. Szlemko, W.J., Benfield, J.A., Bell, P.A., Deffenbacher, J.L. 2008. Territorial Markings as a Predictor of Driver Aggression and Road Rage. Journal of Applied Social Psychology, Vol. 38, No.6.
  2. Vedantam, S. Looking to Avoid Aggressive Drivers? Check Those Bumpers. Washington Post. June 16, 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar